Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi, Peserta Ditantang Adu Jago Olah Ikan Manyung

Toboali, Bangka Selatan-  Ikan Manyung  yang banyak terdapat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi bahan utama yang harus di olah oleh peserta lomba masak tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Dalam lomba yang sempat terhenti akibat pandemi ini peserta ditantang menaklukan ikan manyung yang dikenal biasanya memiliki cita rasa amis menjadi hidangan yang enak dan bergizi tinggi  untuk keluarga.

"Tahun ini Alhamdulillah DKP kembali menggelar Lomba Masak Ikan dengan ikan Manyung sebagai bahan utama, karena memang ikan Manyung banyak terdapat di Bangka Belitung, dan juga ikan manyung ini memiliki kandungan protein dan kandungan lemak baik yang tinggi bagus untuk mengatasi masalah kurang gizi sehingga sangat sesuai dengan tema Gemarikan untuk mencegah stunting," jelas Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Agus Suryadi. 

Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi dilaksanakan di Pantai Kelisut, Toboali Bangka Selatan  Selasa (16/11/2021)  dengan diikuti 5 peserta dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang.

Berbagai olahan kreatif menu ikan Manyung disajikan oleh peserta seperti hidangan  Es Krim Roti Keo yang di buat dari roti casava, bubuk ikan Manyung, dan taburan daun kelor. Ada pula hidangan cake tiramisu ikan nila dan dendeng ikan Manyung.
Adapun kategori menu yang dilombakan yaitu menu hidangan balita, menu kudapan dan menu hidangan keluarga.
Juara pertama dalam lomba ini adalah Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, disusul oleh Juara kedua dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Barat dan Juara ketiga diraih Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah.

Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Wisiko Aprizaldi
Tags: 
Gemarikan | DkP Babel