DKP Babel Bantu Mesin Press Sampah Kelompok Tani Selat Nasik

Selat Nasik, Belitung-  Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat global saat ini. Sama halnya dengan masyarakat pesisir yang jauh dari perkotaan, banyak sampah plastik yang volumenya besar tentu menjadi persoalan tersendiri dalam mengangkutnya untuk selanjutnya di daur ulang.

Menjawab hal tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan Babel melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) memberikan satu unit mesin press sampah plastik untuk kelompok Tani Mitra Baru Mandiri yang berada di Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung.

Penyerahan sekaligus uji coba mesin dilakukan oleh Kabid Kelautan Pesisir dan Pulau Pulau  Kecil DKP Babel, Fhores Fherado, Jumat  (15/10/2021) di Desa Suak Gual. "Melalui anggaran DAK tahun 2021 ini ada dua mesin press sampah yang diberikan untuk kelompok masyarakat di pulau kecil, satu disini Selat Nasik satunya di Pulau Lepar Bangka Selatan," ujar Fhores. 

"Adapun kekuatan mesin press sampah ini bisa sampai 12 ton, sehingga sampah kardus plastik dan sebagainya yang tadinya volumenya besar di  bisa menjadi lebih kecil, lebih ringkas mudah dibawa untuk  kemudian didaur ulang mengingat untuk menyeberang ke Selat Nasik dari Penggantungan bisa memakan waktu satu jam," terang Fhores.

Ia menambahkan pemberian  mesin press sampah khusus untuk pulau pulau kecil yang merupakan bagian dari kawasan konservasi karena Desa Suak Gual ini juga kawasan konservasi  yang juga  mendapat perhatian dari KKP. 
"Harapannya alat ini bisa dirawat dan  digunakan dengan baik dan membantu masyarakat mengelola sampah," tutup Fhores.

Sementara itu, Kades Suak Gual Hairudin menuturkan pihaknya merasa terbantu dengan adanya bantuan mesin press sampah ini, "Insyaallah amanah, karena kita memang perlu alat ini," ungkap dia.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Albab Al Ayubi
Editor: 
Wisiko Aprizaldi