Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi ke 16 di Gelar di Belitung

Tanjung Pandan, Belitung-  Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi yang ke 16 kalinya di gelar di
Pantai Tanjung Pendam, Belitung Selasa (06/11/2018).
Ajang Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi ini diikuti oleh jagoan lomba masak ikan yang menang pada tingkat Kabupaten Kota se- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk selanjutnya diikutkan pada lomba masak ikan tingkat nasional Desember mendatang.
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Hj. Melati Erzaldi dalam sambutannya mengatakan tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan lomba masak ikan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak berbahan baku ikan.
"Lomba ini diharapkan
akan semakin memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan khususnya yang berasal dari Bangka Belitung," ujar Melati.
Disamping memperkenalkan keanekaragaman menu masakan ikan ia juga meminta agar manfaat makan ikan yang luar biasa harus terus disebarluaskan pada masyarakat demikian pula dengan menunya harus dibuat inovatif agar semakin banyak masyarakat yang gemar makan ikan.
Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar mulai menggemari ikan air tawar. "Bukan hanya makan ikan laut tetapi juga ikan air tawar seperti ikan nila, patin dan bandeng yang nilai gizinya tak kalah dari ikan laut," imbuh Melati.
Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan menyebutkan meski sudah diatas target nasional,  angka konsumsi ikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu sebesar 50,87 Kg/kapita harus tetap ditingkatkan.
"Rata-rata masyarakat kita mengkonsumsi ikan 50.87 kg perkapita pertahun sudah diatas target nasional tapi masih jauh dari angka konsumsi ikan negara maju yang mencapai 110 kilogram perkapita oleh karena itu harus tetap ditingkatkan afar setara dengan negara maju," ujar Padli.
Lomba masak serba ikan tingkat provinsi melombakan tiga kategori menu yaitu menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita dan menu kudapan berbahan dasar ikan. Pada penyelenggaraan Lomba Masak Ikan kali ini bahan dasar ikan yang diusung sebagai bahan utama adalah Ikan Bandeng.
Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka meraih Juara Pertama Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi dan akan mewakili Babel dalam Lomba Masak Ikan Tingkat Nasional.

Sumber: 
Humas/MS
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Benrony Amin
Tags: 
Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Babel | DkP Babel