Tourism, Logistic Base dan Agro Industri Tiga Pilihan Pengembangan Ekonomi Bangka Selatan

Toboali, Bangka Selatan- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan RKPD Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2018, di Balai Daerah, Rabu, (22/03).
Pelaksanaan Musrenbang Bangka Selatan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan berbasis kewilayahan.
Anggota DPRD Bangka Selatan, Sjamsir mengemukakan laju pertumbuhan ekonomi Basel cenderung menurun lima tahun kebelakang. "PAD Basel yang berada di angka 105. 745 Milyar atau 4.4 % menjadikan Kabupaten Bangka Selatan masih sangat tergantung secara anggaran pada Pemerintah Pusat." Kata Sjamsir.
Ia menambahkan karena ketergantungan pada pemerintah pusat masih sangat tinggi berimbas pula pada kesanggupan pemerintah Basel dalam memenuhi penyediaan kebutuhan insfrastruktur. Menurutnya tantangan ini yang perlu didiskusikan lebih lanjut dalam forum musrenbang, bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bangka Selatan.
Narasumber dari Kementerian Kemaritiman, Profesor Rony menilai ada tiga pilihan sektor unggulan untuk pembangunan ekonomi Bangka Selatan. "Tourism, logistik base dan agro industry adalah tiga pilihan yang saya nilai cocok untuk pembangunan ekonomi di Bangka Selatan."Tutur Profesor Rony dalam paparannya.
Secara posisi Bangka Selatan dilewati jalur alki sehingga sangat pas untuk daerah logistik base sedangkan pengembangan tourism juga terbuka lebar dengan banyak potensi yang ada serta kedekatan secara wilayah dengan Pulau Belitung yang lebih dulu menjadi sentra pariwisata nasional."Jelasnya.
Roni juga menegaskan Pemkab Bangka Selatan harus optimis karena potensi Bangka Selatan secara ekonomi cukup baik. "Secara ekonomi dan geostrategis Bangka Selatan memiliki potensi ekonomi cukup baik untuk itu teruslah optimis mendorong pertumbuhan ekonomi."Tutup Prof Rony

Sumber: 
Humas DKP
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Fhores Fherado, MPS,M.Eng
Tags: 
Musrenbang Kabupaten Bangka Selatan 2018

Berita

02/01/2016 | Humas DKP (js)
818 kali dilihat
20/08/2015 | Humas DKP (js)
711 kali dilihat
12/11/2015 | humas DKP(js)
663 kali dilihat
05/11/2015 | Humas DKP (js)
566 kali dilihat