Penyerahan Sarpras Bagi pedagang/Penjual ikan

Pangkalpinang, Untuk memberi suasana  nyaman, bersih dan rapih bagi masyarakat yang membeli ikan di pasar tradisional di wilayah Kota pangkalpinang, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Babel memberikan bantuan, beberapa waktu lalu di Tahun 2015 bagi penjual dan pedagang ikan yang berada dipasar ikan tradisional Rumput belokasi di Pelabuhan Pangkalbalam.

Menurut Kasi Pemasaran dan Permodalan PDSPKP Babel, Sopiar, hal ini ditujukan bagi penjual dan pedagang ikan agar merekalebih peduli untuk tampil bersih dan rapih pada saat melakukan transaksi dengan pembeli dan masyarakat.

Lanjut Sopiar, masyarakat akan tak akan sungkan menghampiri pedagang ikan dan membeli ikan kalamana pedagang dan penjual ikan mampu memberikan layanan baik dengan menjaga kebersihan penampilan (tentunya kualitas ikan sudah mutlak) dan sarana penunjang lain dengan  menjaga kesehatan dan keamanan produk bagi masyarakat merupakan tugas yang wajib dilakukan pemerintah.

Karenanya, sesi pemasaran dan permodalan DKP Babel pun membuat program Pasar Ikan Higienis yang berada di beberapa lokasi pangkalpinang dengan langkah awal mulai membiasakan bagi para pedagang dan penjual ikan tradisional untuk merubah penampilan mereka untuk lebih rapih.

Selain itu, pemberian bantuan 1 (satu) set berupa sarung tangan, timbangan, apron, sepatu boat dan pisau untuk menujang kinerja bagi mereka  dengan begitu akan berkurang kontaminasi bakteri ke ikan," tambahnya.

Dipilihnya Pasar Ikan rumput menurut sopiar, karena fasilitas pasarnya yang telah memenuhi syarat. Selain itu yang tidak kalah penting, kesiapan dari pedagang di pasar tersebut juga sudah baik. "Kalau pedaganganya tidak mau, bagaimana program ini bisa berjalan dengan baik,".

Joni Aritonang (35), salah satu pedagang ikan di Pasar Ikan Rumput Pangkalbalam memberikan dukungannya dengan adanya program ini. "Saya mendukung sekali karena dengan lebih alat bantuan ini higienis ikan jualan akan lebih laku dan di percaya masyarakat dengan demikian dari segi penampilan bagi para penjual dan pedagang ikan lebih bersih dan rapih," tegasnya. (js)

Sumber: 
Humas DKP (js)
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Sentosa Lumban Toruan
Editor: 
Mudtia Sahiddin
Tags: 
PDSPKP