Pangkalpinang dan Tanjung Pandan Deflasi 0.78 Persen

Pangkalpinang- Badan Pusat Statistik Provinsi dalam berita resmi statistik yang dikeluarkan pada Senin (04/09) menyebutkan Agustus 2017, dua kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami deflasi.
Kepala BPS Provinsi,Dharwis Sitorus menyebutkan deflasi Kota Pangkalpinang adalah sebesar 0.78 persen dan Tanjung Pandan deflasi 0.70 persen.
"Deflasi yang terjadi dapat diartikan bahwa harga- harga yang beredar di masyarakat cukup terkontrol dan ini lumayan menggembirakan"Ujar Dharwis.
Berdasarkan hasil pemantauan BPS di pasar tradisional maupun modern pada Agustus 2017 terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 135,94 pada Juli 2017 menjadi 134,88 pada Agustus 2017.
"Deflasi juga terjadi karena adanya penurunan harga pada dua kelompok pengeluaran yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0.52 persen serta kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 5,16 persen." Tambahnya.
Adapun komoditas pada kelompok ikan-ikanan yang mengalami penurunan harga di Bulan Agustus diantaranya adalah ikan kerisi, ikan hapau, ikan bulat, ikan tenggiri, tongkol,sotong, ikan mayung, cumi-cumi dan ikan merah.
Disisi lain beberapa komoditas yang mengalami peningkatan harga atau inflasi pada Agustus 2017 adalah tarif SMA, daging ayam ras, ikan selar,jeruk,kangkung,mie kering istant, semangka dan gula pasir.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Fhores Fherado
Tags: 
Deflasi Babel