Mengenal Siput Lola Merah, Bahan Dasar Kancing dan Cat Berkualitas Tinggi

Siput Lola Merah atau hewan laut yang dikenal dengan nama latin Trochus Niloticus  saat ini menjadi komoditas yang sedang digemari oleh nelayan Bangka Belitung. Pasalnya cangkang Siput lola merah ini memiliki warna yang sangat menarik dan umumnya digunakan sebagai bahan pembuat kancing dan cat. Di perairan Bangka Belitung siput lola juga relatif mudah ditemui.

Anuar, pengepul cangkang siput lola merah asal Selat Nasik, Kabupaten Belitung menuturkan dirinya mulai menangkap dan mengumpulkan cangkang siput lola merah pada Februari lalu. "Sejak Februari mulai mengumpulkan cangkang siput lola, sampai dengan sekarang,  biasanya nelayan mengumpulkan siput lola di sekitar perairan laut Pulau Mendanau" Kata Anuar.  Lebih lanjut ia menjelaskan Untuk pengambilannya sendiri dilakukan dengan cara diselami manual pada air dengan kedalaman 2 hingga 5 meter.

"Sejauh ini tidak ada musim-musim tertentu, namun untuk hasil tangkapan yang cukup banyak kemarin terjadi di awal tahun, mengingat kondisi saat itu gelombang cukup besar menyebabkan banyak nelayan yang tidak bisa melaut, sehingga pada saat itu mereka menangkap lola merah sebagai tambahan penghasilan.

Sumber: 
DKP, Humas
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Eko Prasetyo
Tags: 
Lola Merah | DkP Babel