LPPHP Melangkah Maju Menuju Akreditasi ISO 17025

Pangkalpinang - UPTD Laboratorium Pengujian dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan merupakan salah satu UPTD di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masih dipertahankan melalui Surat Mendagri Nomor : 061/6535/OTDA tanggal 30 Agustus 2017 perihal persetujuan pembentukan Unit Pelaksanan Teknis Daerah (UPTD). Dalam meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat LPPMHP melangkah menuju akreditasi ISO 17025 untuk mensejajarkan diri dengan LPPMHP yang ada di provinsi lain.

Sebagai salah satu upaya menuju akreditasi ISO 17025, LPPMHP mendatangkan asessor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kedatangan assessor dari KAN tanggal 5 Oktober 2017 lalu diantaranya untuk melaksanakan audit terhadap Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian yang ada di LPPMHP Bangka Belitung. Assesor KAN yang hadir adalah Drs. Teguh Indriyatno, M.Si dan Prof. drh. Widya Asmara, M.S.,Ph.D yang bertugas selama dua hari untuk melakukan audit terhadap Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian ISO 17025 di LPPMHP Bangka Belitung.

Kepala LPPMHP, Nopizar Dwi Purnama menyatakan akreditasi yang diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) akan memberikan sejumlah manfaat penting bagi Laboratorium Pengujian khususnya bagi LPPMHP Bangka Belitung.  “Akreditasi ini penting sehingga kami semakin  percaya diri dalam memberikan pelayanan kegiatan laboratorium, dimana berdasarkan informasi assesor KAN Bapak Teguh Indriyatno, M.Si mengatakan bahwa Lab yang telah terakreditasi oleh KAN secara otomatis mendapat pengakuan internasional.” Ujar Nopizar

“Kami berharap dengan Akreditasi ini nantinya hasil uji LPPMHP diakui secara nasional maupun internasional dan produk-produk perikanan kita akan semakin mudah untuk mendapatkan setifikat ekspor” Ungkap Nopizar.  

Penerapan Sistem Manajemen Laboratorium Pengujian ISO 17025 di UPTD LPPMHP sudah dijalankan secara terpadu dan merupakan komitmen dari semua personel LPPMHP dari honorer sampai dengan Kepala UPTD yang diwujudkan melalui penerapan panduan mutu ISO 17025. Komitmen pimpinan dan semua pejabat struktural yang ada di UPTD LPPMHP sangat penting dalam terwujudnya akreditasi ISO 17025 dan kedepannya Bpk. H. Nopizar Dwi Purnama, S.Pd, MM selaku Kepala UPTD LPPMHP berharap hal ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan dimana saat ini yang diajukan baru 4 parameter yaitu mikrobiologi : ALT, Kimia : kadar air, kadar abu dan organoleptik.   

Sumber: 
LPPMHP
Penulis: 
Bima Wahyudi, S.Pi, M.Ec. Dev
Fotografer: 
Bima Wahyudi, S.Pi, M.Ec. Dev
Editor: 
Mutiah Sahiddin
Tags: 
Akreditasi LPPMHP Pangkalpinang