Kelompok Pembudidaya Babel Dapat Bantuan Pakan dan Bibit Ikan dari BBPBL Lampung

Pangkalpinang - Upaya memajukan sektor kelautan dan perikanan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diantaranya adalah bersinergi dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

"Minggu ini Alhamdulillah Babel khususnya DKP mendapat kehormatan dimana Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung datang mengantarkan langsung, dengan satu truk bawa pakan udang dan ikan, bibit rumput laut dan benih kerapu, kakap untuk pembudidaya kita ini luar biasa," ujar PLT Kepala DKP Babel, Masuri saat menyambut tim BBPBL Lampung di Kantor DKP, Selasa (28/09/2021). Masuri berharap selanjutnya dapat menjalin kerjasama lebih intens dalam bentuk MoU dan PKS antara Pemprov Babel dengan Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung.
Sementara itu, Kepala Balai Besar Budidaya Perikanan Laut Lampung, Ujang Komarudin menerangkan sektor budayaya Bangka Belitung mendapat perhatian besar dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP. "Babel ini dapat perhatian khusus dari Dirjen Budidaya KKP karena potensi laut dan payaunya sangat bagus," ujar Ujang.

Ia menambahkan setiap tahun BBPBL Lampung mendistribusikan bantuan berupa benih dan pakan dari komoditas perikanan laut "Sebelumnya bulan lalu juga sudah memberikan 8000 benih kerapu cantang dan kakap putih untuk kelompok pembudidaya di Bangka Belitung," terang dia.
"Fokus kita memajukan perikanan budidaya laut tidak hanya di Babel tapi seluruh Indonesia, untuk Babel selain kerapu juga rumput laut, kita bangkitkan lagi semangat budidaya di Kepulauan Bangka Belitung ini,"imbuh Ujang.

Adapun bantuan paket budidaya dari BBPBL Lampung adalah, 2.5 ton bibit rumput laut jenis cotooni dan 5 ton pakan air tawar untuk kelompok budidaya di Kabupaten Bangka dan Bangka Selatan. 750 Kg Pakan udang vaname untuk Pokdakan Kota Pangkalpinang serta 4000 benih kerapu dan kakap untuk kelompok pembudidaya di Kabupaten Bangka Barat.

Sumber: 
Humas
Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Wisiko Aprizaldi
Tags: 
Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung | DkP Babel | Budidaya Ikan | KKP Rebound