Erzaldi: Saya Ingin Nelayan Tidak Tergantung Rentenir

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, meminta kepada nelayan untuk tidak lagi menggantungkan masalah permodalan kepada rentenir. Erzaldi ingin para nelayan dapat memanfaatkan fasilitas pemerintah berupa kredit usaha rakyat (KUR) di bidang perikanan.

"Yang pasti uangnya harus digelontorkan dan diusahakan. Makanya pemerintah menfasilitasi KUR. Saya ingin nelayan tidak lagi tergantung kepada rentenir," ujar Erzaldi

Hal ini disampaikan Gubernur di sela sambutan kegiatan audiensi dan silaturrahmi dengan nelayan di Belitung Timur, Jumat (18/9/20) di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Gantung, Manggar Belitung Timur.

Menurutnya jika para nelayan masih memiliki ketergantungan kepada rentenir, maka jangan salahkan pemerintah yang telah memiliki program kredit yang berguna membantu nelayan dalam mengatasi masalah keuangan.

"Maka jangan salahkan pemerintah tidak memperhatikan nasib para nelayan jika bapak-bapak masih tergantung kepada rentenir, sedangkan pemerintah memiliki fasilitas yang tidak dimanfaatkan," lanjutnya

Dalam acara yang bertama "Usulan Normalisasi Alur Sungai Pering" Erzaldi optimis para nelayan dapat sukses dalam melakukan usaha di bidang perikanan, jika menggunakan dana KUR termasuk pengembalian pinjamannya.

Penulis: 
Mutiah Sahiddin
Fotografer: 
Abdul Gani
Editor: 
Eko Prasetyo
Tags: 
DkP Babel | Erzaldi Rosman | Nelayan Beltim