DKP Babel Lakukan Inventarisasi Aset

Pangkalpinang, Guna mempertahankan dan menyelamatkan aset negara yang berada pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bangka Belitung, sejumlah personil petugas barang DKP melaksanakan pertemuan untuk investarisasi semua barang yang terdapat pada instansi tersebut termasuk 4 (empat) aset UPT, Balai benih ikan air tawar, Balai benih ikan air payau, balai benih ikan pantai, dan laboratorium, Rabu, 20 Januari 2016, berlokasi di Aula DKP lantai 2.

Selaku petugas bendahara barang periode tahun 2015, Maya Kartiana, SST melakukan pertemuan kepada personil petugas barang  dari tahun tahun sebelumnya ditujukan untuk mendata ulang  barang, fisik atau tanah  yang telah menjadi inventaris DKP  dengan demikian meminimalisasikan  potensi barang yang hilang/rusak sehingga negara tidak mengalami kerugian.

Maya Kartiana menambahkan kalahnya negara dalam mempertahankan aset  karena tidak adanya inventarisasi yang baik, benar dan berkala serta diduga terdapat oknum bermain untuk mencari keuntungan, lanjutnya.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh jajaran peawai DKP agar perlu menindaklanjuti secara berkala berkelanjutan dan berkesinambungan untuk menyelamatkan aset dinas," tuturnya.

Sementara itu Maya Kartiana menjelaskan adanya indikasi kerugian negara akibat hilangnya aset negara setiap tahunnya yang berasal diantaranya dari aset BUMN dan Pemda yang hilang.

"Setiap tahunnya ada kerugian negara dari kehilangan aset negara jika tidak dilakukan inventarisasi secara berkala berkelanjutan . ungkapnya.

ia berharap pemerintah daerah agar mendorong BUMN dan Pemda untuk melakukan inventarisir aset negara denan tepat sehingga potensi kerugian negara bisa di minimalisir. "Kalau ada investarisasir, minimal akan memberikan kontribusi ke negara. Paling tidak itu bisa mengurangi defisit," pungkasnya.(js)

 

Sumber: 
Humas DKP (js)
Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Fotografer: 
Sentosa Lumban Toruan
Editor: 
Mutiah Sahiddin
Tags: 
Dinas DKP