Bina Keluarga Balita

Guna meningkatkan perhatian dan pembinaan terhadap pengelola kelompok Bina Keluarga dan Balita (BKB) serta tumbuh kembang anak di wilayah Bangka Belitung, ibu PKK  Babel melaksanakan Penilaian dan Evaluasi terhadap pengelola 7 kelompok BKB seluruh kabupaten/Kota Bangka Belitung.

Dengan diadakan evaluasi sebenarnya dapat di ketahui sejauh mana capaian keberhasilan dari program serta permasalahan yang di hadapi dengan demikian perlu mendapat perhatian untuk di tindak lanjuti guna mendukung keberhasilan program tersebut.

Sebagaimana diketahui, sasaran dari program Bina keluarga Balita (BKB) adalah  keluarga dan angota keluarga lainnya sebagai sentral untuk mendapat perhatian serius dan utama agar ditingkatkan perannya dalam upaya pembinaan pola asuh dan tumbuh kembang anak sehingga dikemudian hari dapat tumbuh menjadi generasi penerus tangguh dan berkualitas di masa mendatang.

Pada masa Balita merupakan Goolden Periode dalam siklus pertumbuhan anak umur nol sampai lima tahun merupakan masa keemasan untuk dapat menerima sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan fisik bagi anak dengan ditandai cara kecepatan anak dalam menerima dan memahami sesuatu yang diterima, baik dalam bentuk permainan, nyanyian, gerak tari dan dongeng.

Kemudian pemberian permainan edukatif berkelanjutan sebagai wahana untuk memberikan stimulus bagi anak balita dan  mengajarkan kecerdasan spiritual, emosi serta pemenuhan gizi yang maksimal, dengan demikian diperlukan komitmen bersama dari berbagai unsur untuk tetap memberi perhatian lebih terhadap pelaksanaan program tersebut.

Menjadi penilaian dalam BKB adalah pembinaan terhadap pola asuh dan tumbuh kembang ibu dan anak terutama balita dan kegiatan ini adalah sifatnya penilaian tertentu dan ada kreteria yang dinilai. Bina keluarga balita tidak bisa ditangani oleh Pemerintah saja, melainkan perlu kerjasama masyarakat, stakeholder dan dunia usaha.

Peran Pemerintah terkait secara simultan dari hulu ke hilir baik kesehatan, KB, PKK, pendidikan, dunia usaha, swasta dan stakeholder sangat berperan dalam upaya meningkatkan program BKB . Dalam penilaian dari program BKB, Ketua Kelompok PKK beserta tim pemberi penilaian dimana salah satu kriterianya adalah bagaimana pemahaman dan kemampuan dari ketua pengelola serta upaya-upaya yang di lakukan untuk pengembangan program BKB serta mengatasi persoalan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak sehingga pada gilirannya dengan pembinaan terhadap orang tua dan dapat diterapkan terhadap anggota kelompok tentu secara tidak langsung dapat menciptakan generasi yang tangguh di masa depan.

Berkenaan dengan hal tersebut telah dilaksanakan Pembinaan Bina Keluarga Balita, Serta dilakukan pembinaan teknis kepada setiap pengelola BKB 7 Kabupaten dan 1 Kota di wilayah Bangka Belitung.

Adapun Tim BKB Tingkat Provinsi Bangka Belitung yakni :

Unsur Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Babel, PKK Provinsi Babel, BKKBN Provinsi Babel, BPMPD Provinsi Babel, Unsur Bappeda Provinsi Babel; Unsur Dinas Kesehatan Provinsi Babel dan Dinas Pendidikan Provinsi Babel.

Pada prinsipnya kelompok BKB memiliki manfaat, baik terhadap kelompok BKB bagi orang tua dan tertuju kepada anak dengan makna yang bisa dipetik ialah:

Bagi orang tua :

- dapat mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dalam mengasuh .

- memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai pola asuh anak yang benar dan tepat.

- meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik anak balita

- lebih terarah dalam tata cara pembinaan anak

- mampu mencurahkan perhatian dan kasih sayang terhadap anak sehingga tercipta ikatan batin yang kuat antara otang tua dan anak.

- mampu membentuk anak yang berkualitas.

Bagi anak, diharapkan :

- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,  Berkepribadian luhur, Tumbuh dan berkembang secara optimal, Cerdas, trampil, dan sehat, Memiliki dasar kepribadian yang kuat guna perkembangan selanjutnya.

Pengelola BKB di masing-masing kabupaten/Kota  sangat bersyukur atas pembinaan yang diberikan dan berharap tetap dilakukan setiap tahun secara berkesinambungan. Sehingga diperoleh pengetahuan dan berharap dapat meningkatkan prestasi dalam Lomba Pengelola BKB. (js)

Penulis: 
Jeffrin PHM Siregar
Sumber: 
Humas DKP (js)
Tags: 
PKK

Artikel

15/12/2015 | Jeffrin PHM Siregar
4,018 kali dilihat
28/01/2016 | Jeffrin PHM Siregar
3,595 kali dilihat
12/05/2015 | Sentosa Lumban Toruan
3,541 kali dilihat
08/09/2015 | jeffrin PHM Siregar
3,535 kali dilihat
17/09/2015 | jeffrin PHM Siregar
2,184 kali dilihat

ArtikelPer Kategori