Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 4 hours 32 min ago

Panitia Kembali Memantapkan Persiapan Festival Kemuja 2018

Mon, 10/15/2018 - 21:02

Pangkalpinang - Jelang Festival Kemuja Tahun 2018, Panitia Festival Kemuja kembali memantapkan agenda budaya tersebut dengan menggelar rapat bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (15/10/2018).

Rapat tersebut dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Ketua Komite Maulid Nabi Desa Kemuja, dan Kepala Desa Kemuja beserta jajaran.

DLH Babel Gelar Diskusi Publik Rencana Tata Ruang KIPT Sadai

Mon, 10/15/2018 - 15:04

Pangkalpinang  - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Diskusi Publik Seminar Hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Terhadap Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Kawasan Industri dan Pelabuhan Terpadu (KIPT) Sadai, bertempat di Sun Hotel, pada hari Senin ( 15/10/2018 ).

KKP Pantau Pemanfaatan Bansapras Hibah KKP di Provinsi Babel

Mon, 10/15/2018 - 13:47

Pangkalpinang-- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaksanakan pemantauan terhadap pemanfaatan bantuan sarana dan prasarana (bansapras) yang diberikan oleh KKP di Provinsi Babel.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Dasminto menyambut baik kunjungan tim monev dari Ditjen Penguatan Daya Saing (PDS) Produk Kelautan dan Perikanan KKP. Menurutnya monitoring dan evaluasi diperlukan untuk memastikan program dan kegiatan bantuan pemerintah sudah sesuai output dan outcomenya.

Gubernur: Mohon Doanya Supaya Pak Arub Diberi Kesembuhan

Sun, 10/14/2018 - 22:34

Palembang - Pada hari Minggu (14/10/2018) Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama orangtua dan istri, serta beberapa pejabat di lingkunga Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Babel yaitu Sekda Babel Yan Megawandi, Kadis PUPR Babel Noviar Ishak, dan Kadispora Babel Suharto bertolak ke Palembang untuk menjenguk Mantan Walikota Pangkalpinang periode 1978-1988 Muhammad Arub yang saat ini sedang dirawat di RS Siloam Palembang. 

BI Peduli Warisan Budaya Kain Tenun Cual di Bangka Belitung

Fri, 10/12/2018 - 17:33

Muntok – Banyaknya para pengrajin tenun tradisional kain cual yang memasuki usia lanjut , dikhawatirkan akan  mempengaruhi keberadaan kain tenun khas Bangka Belitung yang dikenal dengan kain Cual menjadi perhatian pemerintah. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Edhi Rahmanto Hidayat selaku Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia provinsi kepulauan Bangka Belitung pada hari jumat (12/10).

BI Peduli Warisan Budaya Kain Tenun Cual di Bangka Belitung

Fri, 10/12/2018 - 17:32

Muntok – Banyaknya para pengrajin tenun tradisional kain cual yang memasuki usia lanjut , dikhawatirkan akan  mempengaruhi keberadaan kain tenun khas Bangka Belitung yang dikenal dengan kain Cual menjadi perhatian pemerintah. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Edhi Rahmanto Hidayat selaku Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Hari Jumat (12/10).

Pengrajin Tenun Cual Dapatkan Pembekalan Dari Desainer Tenun

Fri, 10/12/2018 - 16:56

Muntok -  Guna menjaga keberadaan karya budaya yang merupakan warisan budaya tak kebendaan kain Tenun Cual Bangka Belitung dan melihat perkembangan pangsa pasar dunia fashion akan kain tradisional etnik Indonesia seperti halnya kain tenun, semakin diminati baik di tingkat nasional maupun pada pangsa pasar internasional maka  berbagai strategi untuk memperluas pangsa pasar produk budaya yang berbasis dari potensi budaya lokal upaya terus dilakukan oleh pemerintah.

Dekranasda Babel Jalin Mou Dengan Bank Indonesia Untuk Tingkatkan Industri Kain Cual di Babel

Fri, 10/12/2018 - 16:50

Muntok - Sejumlah pengrajin dan pelaku usaha yang bergerak dalam tenun cual di Muntok mendapatkan pelatihan guna meningkatkan industri kain cual di Bangka Belitung, jumat (12/10).

Para pengrajin dan pelaku usaha tersebut mendapatkan pelatihan selama 14 hari, sejak tanggal 12-25 Oktober 2018, dimana program Pengembangan industri tenun cual ini merupakan program berkesinambungan dari dekranasda pusat dan provinsi yang bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk mengangkat kain daerah, dengan MoU yang dilakukan selama tiga tahun.

Beltim Fashion Carnaval Perkaya Khasanah Budaya Bangsa

Fri, 10/12/2018 - 03:26

Gantung, Belitung Timur – Malam Fashion Show Batik Belitung Timur berlangsung meriah. Acara dilangsungkan di Rumah Keong atau yang juga dikenal dengan Dermaga Kirana, Gantung, Belitung Timur, Kamis (11/10/2018) malam.

Ssbanyak 24 orang pemenang event Batik Belitung Timur Fashion Show dan Beltim Fashion Carnaval kembali tampil memperagakan busana atau kostum yang telah dimenangkan.

Budiman Ginting Buka Bimtek Pengawasan Terpadu Sektor Pertambangan

Thu, 10/11/2018 - 20:05

Pangkalpinang- Bijih timah yang berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memenuhi 30 % konsumsi kebutuhan dunia, setelah melewati masa 300 tahun penambangan timah, saat ini kegiatan eksploitasi timah lebih banyak diarahkan pada off shore mining.

Adanya aktivitas penambangan timah di laut diatur oleh Undang - Undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Wakil Gubernur Mencanangkan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Kesehatan Tingkat Provinsi

Thu, 10/11/2018 - 19:01

 

Toboali – Wakil Gubernur , Abdul Fatah didampingi Bupati Bangka Selatan, hari Kamis (11/10) bertempat di Balai Daerah Toboali Kabupaten Bangka Selatan mencanangkan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018. Ditandai pemukulan bedug oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.

Generasi Muda Babel Harus Mampu Bersaing Dan Berjiwa Entrepreneur

Thu, 10/11/2018 - 18:12

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Yulizar Adnan menghadiri Kuliah Umum Ketua Pengarah Malindo MBCC Asia, Alex Ong.

Kuliah Umum yang mengusung tema "Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Bangka Belitung yang Handal dan Berdaya Saing dalam Perspektif Mahasiswa dan Entrepreneurship" menjadi bagian Yayasan Malindo MBCC Asia dalam memberikan motivasi semangat kepada kalangan Mahasiswa dan Civitas Akademik  Bangka Belitung agar dapat dan menumbuhkan jiwa menjadi seorang usahawan.

Produksi Perkebunan Sawit Melebihi Kapasitas, Tiga Pabrik jadi Solusi

Thu, 10/11/2018 - 17:23

BANGKA BARAT -- Kendati sudah sejak lima tahun lalu dilakukan moratorium penanaman sawit, namun masih saja terjadi pembukaan perkebunan sawit. Sehingga hal ini berdampak terhadap produksi sawit menjadi melebihi kebutuhan pabrik, dan implikasinya terjadi penurunan harga tanda buah segar (TBS) sawit.

Gubernur Ajak Siswa Bermedsos dengan Sehat

Thu, 10/11/2018 - 16:07

Media sosial sebagai produk teknologi informasi harus memberikan manfaat positif dalam menunjang aktivitas keseharian. 

MUNTOK--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengajak siswa untuk dapat menggunakan medsos secara bijak dan sehat dan mampu memanfaatkan medsos dalam kegiatan pembelajaran.

Babel Raih Empat Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2018

Thu, 10/11/2018 - 14:56

Pangkalpinang – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima empat sertifikat Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTB) 2018 untuk karya budaya Tari Serimbang (Bangka Barat), Hadrah Gendang Empat (Belitung Timur), Emping Beras (Belitung Timur), dan Sepen Buding (Belitung Timur).

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Rivai menerima sertifikat yang digelar pada malam Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2018, di Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Gencar Laksanakan Kegiatan Internasional di Babel, Sekda Berikan Briefing Kepada ASN

Thu, 10/11/2018 - 12:15

Pangkalpinang – Provinsi Bangka Belitung yang sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai kegiatan yang bertaraf Internasional, sangat membutuhkan para Aparatur Sipil Negara yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Untuk itu, Sekretaris Daerah Yan Megawandi melakukan briefing kepada 20 orang ASN calon Guide dan Liaison Officer (LO) dari beberapa OPD di ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur, Kamis (11/10).

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Sosialisasi Program Nasional Bidang Perumahan

Thu, 10/11/2018 - 11:55
Pangkalan Baru-  Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Alfian menjelaskan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman pada Tahun Anggaran 2018 berupaya melaksanakan amanah Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 melalui kegiatan peningkatan rumah tidak layak huni.  

Usai Memberi Bantuan Mobil Bus Sekolah, Begini Kata Gubernur Erzaldi

Thu, 10/11/2018 - 08:00

BANGKA BARAT -- Kini anak sekolah Dusun Kamang Masam, Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat tak lagi susah untuk berangkat ke sekolah. Pasalnya kesulitan mereka telah teratasi berkat bantuan bus sekolah yang diberikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Kamis pagi (11/10/2018).

Tampak senyum sumringah menghiasi sejumlah anak sekolah saat menumpang bus bantuan tersebut. Anak-anak ini tak perlu mengeluarkan ongkos, pasalnya pemerintah provinsi tak hanya membantu bus, melainkan juga menganggarkan dana operasional bus tersebut.

Gubernur Terus Ingatkan Orangtua akan Pentingnya Vaksin MR

Thu, 10/11/2018 - 07:56

MUNTOK--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman terus mengajak orangtua di wilayah  Bangka Belitung untuk  memvaksinkan anaknya dengan vaksin  imunisasi measles dan rubella (MR) jika anaknya belum diberikan vaksin MR.

Dalam kegiatan Natak Kampung di Desa Air Putih Kecamatan  Muntok, Kamis (11/10/2018), Gubernur kembali mengajak dan mengingatkan para orang untuk melakukan vaksin kepada anaknya jika belum mendapatkan vaksin  MR.

Jadikan Bencana sebagai Peringatan, Gubernur Erzaldi: Sudah Tertulis di Al-Qur'an

Thu, 10/11/2018 - 06:51

BANGKA BARAT -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengingatkan warga Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat agar menjadikan bencana gempa dan tsunami belakangan ini sebagai peringatan. Hal ini hendaknya dapat meningkatkan keimanan warga desa khususnya, dan masyarakat Bangka Belitung umumnya.

Pages